Peraturan Monetisasi Youtube Terbaru Semakin Berat

aturan baru monetize youtube


Mulai hari ini, YouTube telah merubah ketentuan bagi sebuah channel supaya dapat di-monetize. Jika awalnya semua channel bisa di-monetize begitu saja tanpa syarat, kemudian April 2017 lalu muncul syarat minimal lifetime viewsminimal 10.000 baru bisa di-monetize, maka hari ini ada aturan baru yang lebih ketat.


Sebagaimana kita tahu, pemilik channel yang me-monetize videonya bisa mendapatkan pundi-pundi dollar setiap bulan. Makin banyak yang menonton, maka makin besar peluang untuk mendapatkan dollar lebih banyak. Dollar tersebut berasal dari para pengiklan yang mengeluarkan budget untuk berpromosi melalui video-video yang ada di YouTube.
Aturan Baru Monetize YouTube


Dalam blog resmi YouTube dijelaskan bahwa sebuah channel harus memiliki minimal 1000 subscriber dan 4000 jam tayang dalam setahun (12 bulan) terakhir untuk dapat menjadi mitra periklanan YouTube.


Peraturan tersebut tidak hanya berlaku untuk calon mitra baru, melainkan juga berdampak pada partner lama. Buat yang selama ini sudah berhasil me-monetize videonya namun belum memenuhi kriteria tadi, YouTube memberikan batas waktu tenggang 30 hari mulai 20 Februari 2018 untuk mencapai target.


Bila berhasil, maka YouTube akan melakukan evaluasi ulang terhadap keseluruhan konten secara manual, dan jika layak, maka akan diizinkan untuk bergabung kembali menjadi mitra periklanan YouTube.


Jika tidak berhasil mencapai target, maka kerjasama periklanan akan dihentikan di channel tersebut.
Alasan YouTube


Aturan baru tersebut dimaksudkan untuk melindungi 3 pihak yang saling terkait di YouTube, yaitu: 
pembuat konten video (content creator), 
penonton (user) 
pemasang iklan (advertiser) 


Google ingin menjadikan YouTube sebagai tempat yang layak untuk ketiganya, dan memastikan bahwa aktor jahat tidak bersemayam di dalamnya dan memanfaatkan YouTube untuk memperkaya diri sendiri dengan konten yang tidak berkualitas.


Aktor jahat yang dimaksud YouTube, misalnya para spammer dan impersonator. Keberadaan bad actors tersebut sangat merugikan para kreator konten yang baik. Juga merugikan para pengiklan di YouTube.


Sebaliknya, YouTube sangat berharap para pembuat konten original dan pemberi inspirasi dapat terus tumbuh dan berkembang bersama dengan komunitas penonton.
Apa yang Harus Dilakukan?


Dengan keluarnya peraturan baru ini, tidak bisa dipungkiri akan membuat banyak orang merasa dirugikan, lalu berfikir untuk melakukan tindakan curang demi memenuhi kriteria yang telah ditetapkan YouTube tadi.


Saran saya, kalau kamu serius ingin terus berkarya di YouTube, jangan terpancing untuk melakukan tindakan curang apapun. Dalam blog resminya tadi YouTube sudah menyampaikan bahwa mereka akan meningkatkan pengawasan terhadap seluruh konten yang ada di platform mereka.


Kalau kamu serius menjadi pembuat konten di YouTube, saya tunjukkan 2 tempat untuk belajar: 
YouTube Creator Academy. Di sini terdapat banyak bahan bacaan yang bisa dijadikan acuan ketika ingin membuat konten YouTube yang baik. 
YouTube Creator Community. Ini adalah sejenis forum diskusi bagi sesama pembuat konten YouTube. Acara-acara resmi YouTube di berbagai kota di Indonesia biasanya juga diumumkan di sana. 


Atau berkomunitaslah dengan sesama pembuat konten YouTube yang ada di sekitarmu. Saling diskusi, saling berbagi ilmu, saling mendukung dan saling berkolaborasi untuk menghasilkan konten yang makin hari makin berkualitas!
Teruslah berkarya!


Menurut saya pribadi, ketentuan baru ini justru menjadi awal yang baik bagi para konten kreator yang serius ingin berkarya melalui YouTube.


Selama ini para pembuat konten original sering harus menelan ‘pil pahit’ ketika video yang dibuatnya dengan sungguh-sungguh ternyata tidak mendapat views yang memuaskan. Di jajaran trending, konten original sering kalah dibanding konten yang dibuat dari video karya orang lain alias remixalias reupload.


Maka buat kawan yang baru mulai mengungah karyanya di YouTube, namun belum mencapai 1000 subscriber dan jam tayangnya belum mencapai 4000 dalam setahun terakhir, jangan berkecil hati dengan ketatnya peraturan ini.


Jadikan ketentuan baru ini sebagai momentum untuk berkarya lebih baik lagi.


Semua pekerjaan, kalau ditekuni dengan baik, Insya Allah akan membuahkan hasil yang indah pada saatnya nanti.


Teruslah berlatih. Teruslah berkarya. Teruslah membuat video yang dikembangkan dari ide kawan-kawan sendiri. Teruslah upload video baru. Jangan menunggu sampai bagus dulu. Bikin konten terus dan upload terus sambil tingkatkan kualitasnya!


Dan pada saatnya nanti, teman-teman akan merasakan manisnya sebuah perjuangan!

Bermasalah dengan kesehatan (khusus kewanitaan) rahim turun, kengser, terbalik, menyembul keluar, kesuburan sakit berat atau ringan GARANSI SEMBUH terapi pijat KLIK DISINI!!!


BERJUANG HAMIL TETAPI BELUM ADA HASIL? Ini solusi terapi pijat kesuburan, Insah Allah segera mempunyai keturunan, Bahkan puluhan menanti terapi pijat KLIK DISINI!!!
Salam
Warsito Wrst